SEJARAH INTERNET DI DUNIA

       Pada awalnya internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat di awal tahun enam puluhan. Hal ini dipicu kekhawatiran terjadinya perang nuklir antara Amerika Serikat dengan musuh-musuhnya. Saat itu dikenal adanya istilahperang dingin     yaitu perang yang tidak langsung melibatkan bentrokan fisik di medan perang. Pada era tersebut senjata-senjata pemusnahan masal,seperti nuklir banyak diproduksi untuk menjaga diri. Oleh karena itu,mereka merasa perlu membuat jaringan komputer yang luas agar jika perang benar-benar terjadi,maka informasi dan komunikasi tidak terpusat pada satu titik.

     Melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang disebut  ARPANET. Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan softwarekomputer berbasis UNIX,bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan,keandalan,dan besar informasi dapat dipindahkan.

     ARPANET dibangun secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika,yaitu: Stanford Research Institute,University California at Santa Barbara,University of California at Los Angeles,dan University of Utah,dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969. Secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

    Bulan-bulan selanjutnya beberapa universitas serta lembaga lain ikut bergabung dalam ARPANET,sehingga perkembangan internet pun meluas dengan cepat,namun masih terbatas pada lembaga-lembaga tertentu. Permasalahan timbul ketika komputer-komputer akan bergabung dengan ARPANET memiliki tipe jaringan serta jenis komputer yang berbeda,maka pada tahun 1973 dikembangkan sebuah cara agar komputer dengan jaringan dan tipe yang berbeda tersebut bisa terhubung dan bisa berinteraksi. Hasilnya,muncul sebuah protokol atau tata cara untuk bisa terhubung ke internet,yang di kemudian hari dikenal dengan istilah protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protocol TCP/IP memungkinkan dua jaringan komputer yang berbeda dapat berinteraksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

    Pada tahun 1986 internet sudah berkembang pada masyarakat umum,dan penggunaannya sudah meluas bukan hanya di Amerika Serikat. Tahun 1990 proyek ARPANET dihentikan,namun sejarah internet terus berlanjut. Saat itu jaringan komputer dalam internet telah mencapai jumlah 300.000 dan sudah meluas ke berbagai negara. Internet sudah menjadi barang yang umum di pakai dan bebas dipergunakan untuk berbagai keperluan.

      Awalnya internet hanya menawarkan layanan berbasis teks,meliputi remote access e-mail/messaging,maupun diskusi melalui news group. Layanan berbasis grafis seperti web atau WWW saat itu belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Ghoper yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang dikenal saat ini,kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proporsal Tim Berners-Lee. Tahun 1993 program browser yang disebut Mosaic dikembangkan oleh Marc Andreessen. Kemudian muncul browser Netscape,hingga Microsoft mengembangkan Internet Explorer.

     Perkembangan pesat jaringan internet serta penggunannya juga disertai perkembangan yang sangat cepat pada teknologi pendukungnya,antara lain kecepatan koneksi dan media saluran penghubung internet. Saat ini,orang bisa menggunakan internet dengan kecepatan transfer data mencapai satuan Gigabites perdetik melalui teknologi wireless. Pengguna internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 750 juta orang dan dari waktu ke waktu akan semakin bertambah.